Rabu, 20 Juni 2012

Global Warming

Diposting oleh Valeria Ira Yunita di 21.24
Sekarang bumi sudah semakin panas. Bumi yang semakin panas ini terjadi karena terjadinya pemanasan global atau yang biasa kita sebut dengan istilah "GLOBAL WARMING". Banyak banget penyebab yang bisa buat bumi itu jadi semakin panas. Misalnya aja seperti adanya polusi udara. Banyak hal yang dapat menyebabkan polusi udara, seperti gas karbon monoksida dan karbon dioksida yang berlebihan. Karbon monoksida dikeluarkan oleh kendaraan bermotor. Semakin banyak kita menggunakan kendaraan bermotor ternyata semakin cepat pula kita membuat bumi ini semakin panas. Selain itu konsumsi karbon monoksida yang berlebihan juga dapat menyebabkan kematian. Banyak banget cara yang dapat digunakan untuk mengurangi gas karbon monoksida ini, seperti mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Jika kita pergi ke suatu tempat yang dekat aja, seharusnya kita tidak perlu menggunakan kendaraan bermotor. Kita bisa jalan kaki atau setidaknya naik sepeda jika jaraknya lumayan jauh. Nah jika jaraknya lumayan jauh kita bisa naik angkutan umum. Bayangkan aja motor hanya cukup untuk 2 orang otomatis jika ada 100 orang kita membutuhkan 50 motor. Jika kita naik angkutan umum yang cukup untuk 10 orang maka hanya dibutuhkan 10 angkutan umum. Jadi gas karbon monoksida yang dikeluarkan juga menjadi sedikit. Selain itu kita juga bisa melakukan penghijauan di sepanjang jalan. Karena tumbuhan dapat menyerap karbon dioksida untuk berfotosintesis dan diubah menjadi oksigen yang dibutuhkan oleh hewan dan tumbuhan.
Selain gas karbon monoksida juga masih ada penyebab lainnya yaitu efek rumah kaca. Rumah kaca memantulkan cahaya matahari sehingga cahaya matahari terperangkap di dalam bumi dan tidak bisa keluar lagi apalagi kalau lapisan ozon sudah semakin menipis maka tidak ada lagi yang bertugas untuk mengembalikan sinar matahari ke luar angkasa. Lapisan ozon yang menipis disebabkan karena pemakaian AC (Air Conditioner), hair spray, dan lain-lain. Karena AC dan hair spray mengandung zat yang dapat menyebabkan lapisan ozon yang semakin menipis, yaitu CFC (Chloro Fluoro Carbon). Untuk itu kita harus mengurangi pemakaian AC dan hair spray.
Pembakaran bahan bakar fosil juga dapat menyebabkan terjadinya pemanasan global. Karena limbah yang dikeluarkan pabrik-pabrik berupa gas ini mengandung zat-zat yang berbahaya. Misalnya aja seperti belerang oksida dan nitrogen oksida yang dapat menyebabkan terjadinya hujan asam. Hujan asam adalah air hujan yang bercampur dengan zat-zat berbahaya yang dikeluarkan pabrik. Hujan asam dapat menyebabkan barang-barang logam yang terkena hujan asam menjadi berkarat.
Jika kejadian di atas terjadi secara terus menerus maka lama-lama lapisan ozon semakin menipis sehingga suhu bumi akan terus meningkat. Jika suhu bumi terus meningkat, es di kutub Utara dan Selatan akan semakin mencair dan mengakibatkan semakin tingginya permukaan air laut.Otomatis hal itu akan menyebabkan beberapa pulau di dunia ini akan menjadi tenggelam. Pemanasan global sudah terjadi kita tidak dapat membuat pemanasan global tidak terjadi tetapi kita dapat mencegah efek lanjutnya dari pemanasan global karena kita tidak mau bumi semakin panas dan permukaan air laut menjadi naik. Kita dapat megahnya dengan berbagai hal yang telah saya sebutkan di atas, seperti banyak-banyaklah menanam pohon dan kurangi pemakaian kendaraan bermotor. Oleh karena itu kita harus menjaga bumi supaya tidak semakin rusak dan supaya efek pemanasan global tidak berkelanjutan. Lestarikan hutan kita ! :)   

0 komentar on "Global Warming"

Posting Komentar

 

Valeria Ira Yunita Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez